10 Game Bertani Yang Mengajarkan Keterampilan Pertanian Pada Anak Laki-Laki

10 Game Bertani yang Mencetak Petani Andal Cilik

Anak-anak zaman sekarang banyak menghabiskan waktu di depan layar gawai. Padahal, ada banyak hal seru dan bermanfaat yang bisa dipelajari dari aktivitas lain. Salah satunya lewat main game. Yup, game tertentu bisa mengajarkan keterampilan bertani pada anak lho!

1. Farmville 2: Tropic Escape

Siapa yang nggak kenal Farmville? Game simulasi pertanian yang populer sejak era Facebook ini sekarang punya versi mobile-nya, yaitu Farmville 2: Tropic Escape. Di game ini, anak-anak belajar bertani di pulau tropis yang indah. Mereka merawat tanaman, memanen hasil panen, dan membangun pertanian dari awal. Seru banget!

2. Stardew Valley

Stardew Valley adalah game simulasi pertanian yang sempat viral beberapa waktu lalu. Dalam game ini, anak-anak berperan sebagai petani yang pindah ke sebuah pedesaan bernama Pelican Town. Mereka mewarisi pertanian tua dari kakeknya dan harus membangunnya kembali. Stardew Valley mengajarkan nilai kerja keras, kegigihan, dan semangat kewirausahaan.

3. Minecraft

Siapa sangka, game kotak-kotak ini juga bisa mengajarkan keterampilan bertani? Di Minecraft, anak-anak bisa membuat pertanian sendiri, menanam berbagai tanaman, dan beternak hewan. Game ini melatih kreativitas, problem solving, dan perencanaan ke depan.

4. My Time At Portia

My Time At Portia adalah game simulasi pertanian yang dibalut dengan unsur RPG. Anak-anak harus membangun kembali bengkel ayahnya dan membantu mengembangkan kota Portia. Dalam perjalanan mereka, mereka bertani, memancing, bertambang, dan berinteraksi dengan warga sekitar. Game ini mengajarkan pentingnya kerja sama, komunitas, dan mengelola keuangan.

5. Yonder: The Cloud Catcher Chronicles

Yonder: The Cloud Catcher Chronicles adalah game petualangan yang berlatar di sebuah dunia yang indah dan penuh warna. Anak-anak berperan sebagai Ranger yang menjelajahi dunia ini, bertani, memancing, dan membantu penduduk desa. Game ini mengajarkan tentang keberlanjutan, pelestarian lingkungan, dan menghargai alam.

6. Hay Day

Hay Day adalah game simulasi pertanian yang sangat populer di kalangan anak-anak. Game ini berfokus pada mengelola pertanian, menanam tanaman, beternak hewan, dan menjual hasil panen. Hay Day mengajarkan tentang dasar-dasar pertanian, manajemen waktu, dan bisnis.

7. Harvest Moon: Back to Nature

Harvest Moon: Back to Nature adalah salah satu game simulasi pertanian klasik yang masih banyak dimainkan hingga saat ini. Dalam game ini, anak-anak mengelola pertanian, berinteraksi dengan penduduk desa, dan membentuk keluarga. Harvest Moon mengajarkan tentang kerja keras, tanggung jawab, dan membangun hubungan sosial.

8. Stardew Valley Mobile

Stardew Valley juga tersedia dalam versi mobile, sehingga anak-anak bisa memainkannya di mana saja dan kapan saja. Game ini tetap menawarkan pengalaman bertani yang sama serunya seperti di versi PC dan konsol.

9. Animal Crossing: New Horizons

Animal Crossing: New Horizons adalah game simulasi sosial yang bertema pulau dan kehidupan pedesaan. Dalam game ini, anak-anak bisa membangun rumah, mendekorasi pulau, bercocok tanam, dan berinteraksi dengan hewan-hewan yang lucu. Animal Crossing mengajarkan tentang perencanaan, desain interior, dan menghargai alam.

10. Big Farm: Mobile Harvest

Big Farm: Mobile Harvest adalah game simulasi pertanian yang sangat realistis. Anak-anak bisa mengoperasikan mesin pertanian, menanam berbagai tanaman, beternak hewan, dan memasarkan hasil panennya. Game ini memberikan pemahaman yang komprehensif tentang operasi pertanian modern.

Melalui game-game ini, anak laki-laki bisa mengembangkan keterampilan bertani yang sangat bermanfaat, seperti menanam tanaman, merawat hewan, mengelola keuangan, dan membangun komunitas. Jadi, yuk ajak anak-anak main game yang edukatif dan bikin mereka jadi petani andal cilik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *